Pembelajaran daring atau e-learning merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang menggunakan teknologi elektronik untuk menyediakan materi pembelajaran. Ini dapat digunakan di komputer, Internet, perangkat seluler, atau media digital lainnya untuk memfasilitasi proses pembelajaran. E-learning dapat berbentuk berbagai konten, seperti modul pembelajaran, video, presentasi, kuis online, forum diskusi, dan interaksi real-time antara instruktur dan peserta didik. Hal ini memungkinkan akses belajar yang lebih fleksibel, memungkinkan orang untuk belajar di mana saja dan kapan saja sesuai dengan jadwal mereka.

SMP Islam Hidayatullah menggunakan Elearning dalam pembelajarannya. didukung dengan Ipad Class yang sangat inovatif, siswa mampu belajar dan menggali ilmu melalui wawasan internasional.
Belajar menggunakan pembelajaran online memiliki berbagai keunggulan, antara lain:

  1. Akses: pembelajaran online memungkinkan akses untuk belajar dari mana saja selama terhubung ke Internet. Ini memperluas kemungkinan orang untuk belajar tanpa dibatasi oleh batasan geografis atau jarak.
  2. Fleksibilitas waktu: peserta dapat mengatur jadwal belajar sesuai ketersediaannya. Mereka dapat mengakses materi pembelajaran mereka kapan saja, siang atau malam, sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka.
  3. Penghematan waktu dan uang: dengan pembelajaran daring, peserta tidak perlu melakukan perjalanan ke lokasi fisik pembelajaran, yang dapat menghemat waktu dan biaya transportasi. Selain itu, beberapa program pembelajaran online juga bisa lebih terjangkau dibandingkan program pembelajaran tradisional.
  4. Kustomisasi dan kustomisasi: materi pembelajaran online dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. Peserta dapat memilih materi yang sesuai dengan mereka dan mempelajarinya dengan kecepatan mereka sendiri. Sistem pembelajaran adaptif juga dapat menyesuaikan materi dengan kemajuan pembelajaran masing-masing peserta.
  5. Interaktif dan multimedia: pembelajaran online sering kali mencakup berbagai jenis konten multimedia, seperti video, animasi, dan simulasi, yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Hal ini juga memungkinkan untuk memvariasikan metode pengajaran, sehingga meningkatkan keterlibatan peserta.
  6. Pelacakan kemajuan: sistem pembelajaran online sering kali memiliki fitur pelacakan kemajuan, yang memungkinkan peserta dan instruktur melacak kemajuan pembelajaran. Ini membantu peserta menilai pemahaman mereka tentang materi dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.
  7. Keterlibatan dan kolaborasi: melalui fitur-fitur seperti forum diskusi online, penugasan kelompok, atau sesi obrolan langsung, pembelajaran online memungkinkan peserta untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan peserta dan instruktur lain. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan dan memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman antar peserta.

Kesimpulannya, pembelajaran online menawarkan sejumlah keuntungan penting bagi pembelajaran modern. Hal ini memungkinkan aksesibilitas yang lebih besar, fleksibilitas waktu, serta penghematan biaya dan waktu. Selain itu, e-learning menawarkan peluang untuk personalisasi melalui pembelajaran, penggunaan konten multimedia interaktif, pemantauan kemajuan yang efektif, dan peningkatan keterlibatan dan kolaborasi antar peserta. Dengan demikian, e-learning menjadi pilihan pembelajaran yang efektif dan efektif bagi individu dan organisasi di era digital saat ini.